Menajamkan Pikiran Dengan Alami

Posted by Abil Anam on Thursday, October 4, 2012



SABTU, 01 JANUARI 2011


Pikiran Tetap Tajam Tanpa Suplemen


Banyak mereka yang mengkonsumsi suplemen sebagai penambah daya ingat otak agar tetap memiliki pikiran yang tajam. Sebenarnya suplemen otak seperti melatonin dan ginkgo gilobatidak terbebas dari efek samping. Sebenarnya pikiran tajam tetap bisa didapat tanpa suplemen.

Peneliti Dr Steven DeKosky dari University of Virginia School of Medicine mengatakan bahwa suplemen sebenarnya tidak terbukti memperlambat penurunan fungsi kognitif otak pada orang-orang lanjut usia.

Sudah lazim orang tua biasanya identik dengan pelupa, susah mengingat atau pikun. Inilah tanda dari berkurangnya ketajaman pikiran. Kebanyakan orang berharap memiliki pikiran dan ingatan yang tetap tajam walaupun usia bertambah tua.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar pikiran tetap tajam tanpa suplemen:

1. Mengontrol Makanan
Memakan makanan tanpa dikontrol bisa membuat kemampuan otak melambat dan dapat mengakibatkan kerusakan otak jangka panjang. Sedangkan sedikit mengkonsumsi kalori juga dapat mengganggu fungsi otak. Diet yang terlalu ekstrem juga dapat menyebabkan Anorexia (gangguan makan).

2. Olah Raga
Para peneliti mulai berpikir bahwa berolah-raga aerobic secara teratur dapat menjadi hal yang paling penting untuk kesehatan jangka panjang otak.

Berjalan menggunakan treadmill juga dapat menyehatkan otak selain baik untuk paru-paru dan jantung. Untuk kesehatan, lakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit.

3. Istirahat yang Cukup
Ketenangan akan disaring, disimpan dan sebagian dibuang ketika seseorang sedang beristirahat dan bermimpi. Pada sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa bila orang tidak tidur dapat menyebabkan protein akan terbangun pada sinaps sehingga efeknya menjadi sulit untuk berpikir dan mempelajari hal-hal yang baru. Kurang tidur yang kronis dapat menyebabkan penurunan kognitif di usia tua.

4. Merawat Tubuh
Penyakit seperti diabetes, hipertensi dan besitas dapat dicegah dengan pola hidup sehat. Begitu juga dengan menjaga kesehatan otak. Menghindari rokok dan lemak jenuh dapat mengurangi kerusakan yang berkaitan dengan otak. Banyak masalah kesehatan yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori.

5. Bersantai
Sres dapat menyebabkan kemunduran otak. Beberapa ilmuwan menduga bahwa hidup seimbang dan melakukan santi seperti meditasi atau yoga ternyata dapat memperlambat penurunan memori dan mengurangi stres.

6. Perbanyak Makan Ikan
Ikan mengandung asam lemak esensial seperti omega-3 yang sangat penting untuk fungsi otak dan terbukti bermanfaat dapat mengobati penyakit seperti melemahnya otak akibat depresi.

7. Latihan Otak
Permainan seperti sudoku, teka-teki silang dan permainan asah otak lainnya dapat menjaga otak tetap tajam. Namun, kurangnya pendidikan merupakan prediktor terkuat penyebab penurunan kognitif.

Jika anda menerapkan pola hidup sehat dan olah raga secara teratur maka tak perlu mengkonsumsi suplemen otak karena selain tak membawa banyak manfaat bagi otak juga dapat menimbulkan efek samping kesehatan jangka panjang.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment