Otak Manusia yg Misterius

Posted by Unknown on Thursday, October 4, 2012


Setelah dipelajari selama ribuan tahun mengenai otak manusia mulailah terungkap beberapa sis imisterius dari otak manusia. Banyak temuan-temuan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Otak merupakan organ yang paling menakjubkan didalam tubuh manusia karena otak mengendalikan system syaraf pusat. Otak manusia terdiri dari 100 miliar saraf (neuron) dan begitu banyak hal yang terjadi di dalam otak manusia, karenanya otak termasuk salah satu organ vital dalam kehidupan manusia.


Beberapa fakta seputar otak manusia yang belum banyak diketahui:

1. Otak bisa mempelajari pesan bawah sadar

Dengan kemampuan otak dalam mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar seseorang, maka akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan kemampuan otak ini sebagai ajang promosi utk mempengaruhi seseorang agar mau membeli produknya.

2. Otak tetap aktif walaupun sudah terpenggal

Dari pengamatan ternyata otak manusia tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedut otot. 
Mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey,
Dr. Harold Hillaman, mengatakan bahwa kematian karena pemisahan otak dengan sumsum tulang belakang sangat menyakitkan sehingga banyak Negara yang tidak memberlakukan hukum pancung.

3. Obat-obatan dapat menyebabkan lubang di otak.

Penggunaan obat seperti mariyana bisa menyebabkan kehilangan sedikit memori, sedangkan kokain atau ekstasi ternyata dapat menimbulkan lubang di otak. Selain itu penyebab lubang di otak adalah karena trauma atau benturan fisik. 
Studi dari New Scientist menjelaskan bahwa penggunaan obat-obatan jangka panjang dpt menyebabkan pertumbuhan tidak normal pada otak yang bersifat permanen, karena itulah sulit utk mengubah perilaku dari seorang pecandu.

4. Otak Manusia Paling Besar dari Otak Hewan Manapun

Otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak hewan manapun. Berat otak manusia dewasa adalah sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan binatang lumba-lumba yang digolongkan sebagai hewan cerdas.
Selain itu kecerdasan juga berkaitan dg berbagai komponen diotak, sedangkan 
mamalia memiliki korteks serebral terbesar yang bertanggung jawab terhadap komunikasi, fungsi memori dan berpikir.

5. Warna otak manusia adalah abu-abu

warna otak manusia kebanyakan abu-abu, karena itulah seluruh otak kadang disebut sebagai materi abu-abu. Walaupun demikian tetap ada juga otak yang mengandung materi berwarna putih yaitu serat syaraf untuk menghubungkan materi abu-abu. Sedangkan komponen lainnya yaitu berwarna hitam yang disebut dengan substantia nigra, merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yg sama dg warna kulit & rambut
Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment